Sabtu, 19 Januari 2013

Catatan


Teringat sebuah quote yang banyak menjadi status dalam banyak media social oleh teman. Kata Pramoedya Ananta Toer dalam Rumah Kaca.

"Ada kekuatan dahsyat yang tak terduga yang bisa timbul pada samudera, pada gunung berapi dan pada pribadi yang tahu benar akan tujuan hidupnya."

Pada pribadi yang 'tahu benar akan tujuan hidupnya'. Hanya pada yang sudah tahu benar akan tujuan hidupnya saja, kekuatan dahsyat itu akan datang.  Sementara aku masih merasa aku tak tahu apa tujuan hidupku, tak tahu benar apa yang sebenarnya ingin aku lakukan. Tidak terlambatkah aku? Kata banyak orang remajalah saatnya pencarian jati diri. Tapi aku hingga remaja akhir, bahkan mungkin sudah dapat dikatakan dewasa, aku masih mencari jati diri. Seharusnya tidak pada usiaku saat ini, yang sudah menempuh panjangnya pendidikan hingga menjadi sarjana kan? Haha, ingin rasanya mentertawakan diri sendiri. Mau dibawa kemana hidupku ini.

Hingga belakangan hidupku bergerak seperti mengikuti alur saja, kemana arus membawa. Disini lah aku sekarang, tinggal di ibukota, jauh dari keluarga. Aku melangkah menebak-nebak saja, jalan ini kah? Atau itukah? Aku berpikir kemudahan dalam proses yang membawaku kesini, adalah petunjuk bahwa disinilah seharusnya aku berada. Kujalani saja. :)

Satu bulan. Dua bulan. Tiga bulan. Aku jarang bermasalah dengan suatu tempat baru, asal disana ada kawan yang menyenangkan, yang memang juga aku temukan disini. Tapi untuk menjalani rutinitasku sehari-hari, -meskipun aku masih tetap belum tahu- aku merasa yang aku kerjakan selama ini belum terasa 'benar'.  Sepertinya bukan jalan ini yang aku inginkan.

Tapi, tentu saja tidak bisa terus begini bukan? Dengan tidak mengurangi syukurku untuk apa yang sudah aku miliki, aku harus mulai bergerak lagi. Meskipun masih menebak, sepertinya aku harus mencoba jalan lain.  Seperti mencoba makanan asing, meskipun tidak tahu rasanya, mencobanya pasti memberi jawaban atas pertanyaan "suka kah aku pada nya?". Iya kan?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar